Tuesday 5 September 2017

Cara Membersihkan Sepatu Converse

Cara Membersihkan Sepatu Converse - merupakan salah satu perusahaan sepatu asal Amerika yang memproduksi sepatu jenis olahraga dan gaya hidup. Dimana salah satu contoh produknya adalah converse all star yang banyak digunakan saat ini. Nah biasanya warna kuning terdapat pada bagian karet yang berwarna putih, tentu hal ini dapat membuat sepatu kamu tidak bersih.

Cara Membersihkan Sepatu Converse
Sepatu CONVERSE
Sepatu CONVERSE

Apalagi hal ini dapat membuat kamu tidak percaya diri untuk menggunakannya disetiap acara. Namun masih banyak orang yang belum tahu cara membersihkan warna kuning ini karena memang susah hilang. Tetapi warna yang menguning dapat dibersihkan dengan cairan pembersih, padahal terdapat bahan-bahan dapur yang dapat kamu gunakan dalam menghilangkannya. Karena selain mudah didapat juga murah harganya.
1. Perasan jeruk nipis dan garam

Garam dan jeruk nipis tidak hanya sebatas dalam memberi rasa untuk makanan tapi sangat berguna untuk menghilangkan warna kekuningan pada sepatu. Dimana garam dan jeruk nipis memiliki efek yang dapat membersihkan yang dapat menghilangkan noda kuning. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa asam pada jeruk nipis dan beberapa jenis mineral korosif pada garam dapat memutihkan kembali bagian karet tersebut.

Kamu hanya memerlukan 3 sendok air dari jeruk nipis dan menambahkan setengah sendok teh garam. Lalu campurkan hingga rata dan oleskan pada bagian yang menguning. Setelah itu diamkan hingga mengering dan bilaslah sampai bersih, bila tidak bersih maka kamu dapat menyikatnya dengan adonan jeruk nipis dan garam ini.
2. Sabun colek

Nah sabun colek yang biasa kamu gunakan untuk mencuci piring dapat menjadi alternatif apabila cara di atas tidak berhasil. Dimana saat mencucinya kamu oleskan cabun colek pada bagian yang menguning sambil disikat, ulangi langkah seperti itu hingga kuningnya berkurang atau menghilang. Namun kamu jangan menggunakan sabun detergent ya, memang sabun detergent banyak kita gunakan untuk mencuci baju namun tidak bagus untuk bagian karet sepatu.

Karena dapat merusak bahannya, sehingga sepatu tidak memiliki umur yang panjang. Lalu keringkan, saat melakukan pengeringan kamu jauhkan dari sinar matahari langsung. Karena dapat membuat warna sepatu pudar serta membuat sepatu rusak. Sehingga dapat merusak bentuk aslinya.
3. Baking soda

Baking soda memang banyak digunakan dalam makanan terutama pada kue untuk mengembangkannya. Namun kamu dapat menggunakan bahan ini apabila sepatu telah kering. Baking soda memang terbukti dapat memutihkan apa saja, termasuk gigi apabila rutin menggunakannya. Selain itu baking soda juga dapat menghilangkan bau pada kaki, apabila kamu taburkan ke dalam sepatu.

Cara menggunakan baking soda juga sangat praktis dimana hanya menambahkan sedikit air. Lalu aduk hingga rata sampai adonan mengental, kemudian kamu dapat mengoleskan bahan tersebut pada bagian yang telah menguning. Lalu tunggu hingga kering dalam waktu 1 hari dan bilaslah dengan air sampai bersih.
4. Kaporit

Kaporit merupakan senyawa kimia yang banyak digunakan pada kolam berenang, senyawa yang memiliki rumus kimia Ca (ClO) ini dapat juga membersihkan karet sepatu yang menguning. Dan juga dapat digunakan sebagai pembersih kamar mandi, pada sepatu kamu dapat mengoleskannya pada bagian yang menguning namun jangan sampai terkena pada bagian kainnya.

Atau kamu dapat juga menggunakan produk pemutih pakaian yang juga ampuh digunakan dalam memutihkannya. Amonium Chlorida dan Hidrogen Peroksida juga bagus digunakan sebagai pengganti bahan pemutih.
5. Boraks

Bahan ini memang sangat berbahaya jika digunakan pada makanan namun sangat bermanfaat untuk sepatu, bahan yang biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat ini bisa juga dijadikan alternatif. Dimana kamu dapat membuat adonan boraks yang dicampur dengan air.

Adonan ini cukup ampuh dalam menghilangkan warna kuning yang membandel dan patut dicoba. Namun agar tidak merusak bahan sepatu, kamu jangan memakainya terlalu berlebihan. Boraks juga mudah kamu temukan di pasaran serta harganya tidak terlalu mahal.
6. Aspirin tablet

Aspirin sebenarnya merupakan obat dalam meredakan sakit kepala. Namun aspirin tidak hanya ampuh meredakan sakit kepala namun juga dapat membersihkan sesuatu seperti sepatu hingga wajah dari bekas jerawat. Kandungan acetylsalicylic acidnya hampir sama dengan salicylic acid yang mampu membersihkan jerawat.

Dimana zat ini juga mampu menghilangkan warna kekuningan. Aspirin dapat kamu temukan pada apotik terdekat, dimana hanya menggunakan 7 tablet aspirin damn melarutkannya ke dalam air. Kemudian kamu gosokkan dan biarkan mengering lalu bilas.
7. Cuka Putih

Cuka putih memang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat membersihkan sepatu namun dapat juga menghilangkan karat dan membersihkan kuas cat. Sama seperti jeruk nipis, kandungan asamnya bermain penting dalam hal ini sehingga dapat membantu proses pembersihan.

Namun kamu jangan terlalu berelebihan menggunakan cuka saat sedang membersihkan, karena dapat membuat bagian karet terkelupas atau retak apabila kamu mempunyai midsole yang tidak kuat. Sehingga sepatu tidak dapat digunakan lagi, karena itu kamu dapat membersihkan sepatu dengan bahan yang lainnya.
8. Pasta gigi

Pasta gigi pemutih terbukti ampuh dalam mengurangi warna kekuningan pada bagian karet sepatu sehingga dapat kamu gunakan. Dimana cara ini sangat aman dibandingkan dengan cara lain yang apabila digunakan berlebihan dapat membuat midsole terkikis dan rusak. Cara pemakaian juga terhitung mudah dimana hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan area karet yang bewarna putih dari kotoran, lalu oleskan pasta gigi hingga menutupi semua bagian tersebut.

Ingat jangan pernah mencampurkan pasta gigi dengan air. Lalu sikatlah, namun jangan terlalu keras karena dapat membuat area tersebut rusak. Dan bilaslah dengan air, memang cara ini mungkin terlihat kurang meyakinkan namun sudah banyak orang yang mencobanya dan berhasil. Hal ini dikarenakan kandungan pemutih pada pasta gigi yang sangat membantu.
9. WD-40

Bagi sebagian kamu pasti masih asing dengan WD-40, nah produk ini merupakan pelumas serba guna. Dimana tidak hanya berfungsi untuk pelumas engsel pintu tapi dapat membersihkan apa saja termasuk kamar mandi dan warna kuning pada sepatu. Hal ini dikarenakan produk ini mengandung berbagai zat ringan sehingga kegunaannya banyak seperti dapat menjadi lem, cairan pembersih dan lain-lain.

Jadi tak heran jika semua noda dapat dibasmi dengan bahan ini hanya dengan menyemprotkannya dan mengilap hingga bersih. Bahan-bahan ini dapat kamu coba apabila sedang mencari cara membersihkan converse yang menguning.

No comments:

Post a Comment