Monday 14 August 2017

Tips Dan Cara Mencuci Sepatu Canvas

Tips Dan Cara Mencuci Sepatu Canvas - Nah, kalau kamu merasa sepatu kanvasmu tetap terlihat kotor, meskipun sudah sering dicuci, itu berarti ada yang salah dengan cara mencuci sepatu kanvas kesayanganmu tersebut. Biar efektif, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut saat mencuci sepatu kanvas yang kotor. Dijamin sepatu kanvasmu akan kembali kinclong dan siap-siap disangka sepatu baru oleh teman-teman yang melihatnya. Berikut adalah Tips Dan Cara Mencuci Sepatu Canvas, Berikut penjelasannya.

Jangan Langsung Disabuni! Lebih Baik Sikat Dulu
Sepatu Canvas

Saat akan mencuci sepatu kanvas, jangan terburu-buru membalurinya dengan sabun atau detergen. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menghapus kerak-kerak noda yang hinggap di seluruh permukaan sepatu kesayanganmu tersebut. Caranya mudah. Cukup menyikatnya dengan sikat berbahan lembut.

Sikat berbahan lembut diperlukan supaya permukaan sepatu kesayanganmu tidak jadi berbulu karena terkelupas. Kalau bingung menentukan sikat halus seperti yang apa yang cocok untuk mencuci sepatu kanvasmu, sikat gigi bekas bisa menjadi salah satu pilihan yang paling mudah. Tidak perlu takut menggosok permukaan sepatu hingga bagian sol dengan kuat supaya kerak noda yang sudah mengering dapat tercabut.

Sikat dengan Gerakan Memutar

Saat menyikat sepatu kanvasmu ketika dalam pencucian, ada trik jitu yang dapat kamu terapkan, loh! Supaya pekerjaanmu lebih cepat dan hasilnya lebih kinclong, sikat sepatumu dengan gerakan memutar. Pastikan tiap bagian tersikat dengan baik supaya sepatumu jadi kelihatan baru dan terawat.
Gerakan memutar lebih efektif karena menimbulkan gaya yang lebih besar. Jadi, sisa-sisa noda dapat terangkat secara menyeluruh. Gerakan memutar juga lebih aman untuk sepatumu karena mencegah tercerabutnya bagian-bagian kulit sepatu yang membuat alas kakimu jadi kelihatan jelek.

Bersihkan dan Sikat dalam Ember Berisi Sabun
Sikat Gigi

Hal yang harus kamu ingat, jangan sekali-kali melumuri sepatumu dengan sabun secara langsung! Kalau dilakukan, sepatu kanvasmu akan lebih rentan berubah warna atau luntur. Cara terbaik melumuri sepatu dengan sabun—baik detergen maupun sabun cuci piring—adalah dengan merendamnya di ember berisi air campuran sabun-sabun tersebut.Caranya, siapkan satu ember berisi sekitar 3-5 liter air. Campurkan air tersebut dengan sekitar 10 ml sabun pilihanmu. Setelah itu, kamu tinggal merendam sepatu kanvasmu sejenak, lalu sikat dengan sikat halus yang tadi sudah dipakai dalam proses penyikatan di awal.

Bilas dengan Air Hangat

Setelah memastikan semua noda sudah terangkat dan sepatu telah disikat dengan benar, saatnya kamu menghapus sisa-sisa sabun di sepatu kanvasmu. Ada saran mudah supaya warna sepatumu tampak lebih cerah pada akhirnya, yaitu membilas sepatu kanvas dengan air hangat.
Sediakan seember air hangat lalu langsung rendam sepatu kanvasmu di sana. Pastikan seluruh busa sabun terangkat sebelum memutuskan untuk menjemurnya. Membilas sepatu kanvas dengan air hangat menjadi pilihan yang lebih tepat daripada air dingin karena air hangat bisa membuka pori-pori sepatu sekaligus membunuh kuman yang masih tersisa di dalamnya. Dengan begitu, selain tampilannya yang akan semakin ciamik, sepatumu pun akan bebas bau dan lebih nyaman digunakan nantinya.

Keringkan secara Alami

Lupakan niatmu yang ingin mengeringkan sepatu kanvas dengan cepat menggunakan pengering. Itu malah akan membuat sepatumu mudah rusak dan sama sekali tidak disarankan. Cara terbaik mengeringkan sepatu kesayanganmu tersebut adalah menjemurnya di bawah sinar matahari yang cukup.
Pengeringan secara alami tersebut membuat sepatu kanvasmu lebih mudah bernapas dan tiap bagiannya kering dengan sempurna. Pastikan mengeringkannya di siang hari dan jangan membiarkannya semalaman di luar ruangan. Embun pagi malah akan membuat sepatumu kembali lembap dan rentan bau jika dipakai.

Itu tadi adalah sedikit penjelasan tantang Tips Dan Cara Mencuci Sepatu Canvas, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment